CQWW DX Contest 2011 dengan Team YEØX

YBØNDT Karsono Suyanto 

Tak terasa event Jakarta Hamfest 2011 (22-23 Oktober 2011) telah seminggu berlalu. Banyak kesan dan kenangan indah bertemu kawan-kawan amatir radio dari seluruh Indonesia. Hari ini 29 Oktober 2011, saya harus bergabung dengan team contest saya YEØX yang tahun ini akan turun di kategori spesialisasinya  Multi Two.
Sabtu 29 Oktober 2011 jam 06:30 pagi saya sudah harus berangkat ke markas YEØX yang berada di bilangan warung buncit. Tiba disana jam 07:00 wib saya sudah mendengar om Yoyok YBØECT dan Om Sur YBØJS memulai contest terakbar ini. 
Pagi itu 10 meter band sangat terbuka, semua station yg memanggil sangat terdengar jelassehingga om Yoyok dengan asyiknya mengumpulkan QSO pada band tsb.

Saya juga melihat om Sur asyik mengumpulkan QSO pada band 15 m. Sangat luar biasa. Dengan speed tinggi om Sur mengumpulkan 4 sampai 5 QSO per menit.

 Om Sur YBØJS handle pile up pada band  15 m 

YBØECT handle pile up pada band  10 m 

Hari semakin siang, tak terasa sudah mendekati jam 11:00 WIB … saat itu kami masih asyik mengumpulkan QSO di band 15 dan 10m, sekali sekali memonitor band 20m yang pagi itu memang tidak ada propagasi. Sampai jam 11 siang itu pada band 20m baru terkumpul 22 QSO. Kami selalu mengupdate jumlah QSO pada White Board yg ada di depan kami, tujuan nya adalah agar kami terpacu menambah jumlah QSO lagi. Jam 11:00 siang ini kami sudah berhasil mengumpulkan 800 QSO 

Horeee… Om Joy YCØNSI datang. Om Joy adalah contester yang spesialisasi nya pada band 10 m. Saya menggantikan om Sur di 15 m  dan Om Yoyok di gantikan oleh om Joy. Band 10 m masih membuka. Om Joy terus di pile d up oleh station-station dari JA ,BD,HS sambil sekali-sekali merubah arah antena ke utara. Dan benar saja, tak lama kemudian Asiatic Russia UA9 mulai memanggil. Piled up semakin ramai, akhirnya om Joy memutuskan utk merubah arah antenna ke arah Barat Laut. Wow station from EU tak henti2 nya memanggil. Om Joy sangat enjoy menikmati pile up.

  Om Joy YCØNSI pada band 10m .  Handle piled up EU.

Jam 12:00 WIB white board kami update, YEØX sudah berhasil mengumpulkan 1000 QSO. Mantappp man…. Hahahahhahahaha……
Jam 11:00 WIB di 15 m saya sudah bisa mendengar EU, antena saya putar pula ke Barat Laut… Gila!!! Asyik sekali di pile up ….. Station-station dari EU tak henti2 nya memanggil. Saya sangat menikmati the big piled up… 

Kawan-kawan, YEØX tahun ini juga ada YL Contester nya lho….dia adalah mbak Rossy YBØOCI mbak Rossy memang di undang dan hadir di markas YEØX. Om Yadi YBØYAD dan Om Rudi YCØIRH juga datang membantu.
YBØOCI mbak Rossy Nirwani pada band 15m, foto dulu sebelum beraksi

 Om Tommy YDØLDT dan Om Rudi YCØIRH 
 Om Rudi YCØIRH pada 10 m

YBØYAD om Yadi pada 15m 
Antena 40m Mono band 3 element dan  Antena Rotary  untuk 80m

Tak terasa  matahari akan segera terbenam saat nya kita bersiap-siap untuk memulai pada 40 m. Saya harus berjalan kaki 50m dari studio DFM ke TK Buana Kids di mana di tempat itulah terdapat antena 40m dan 80m.

Endut YBØNDT di temani om Ogi YCØIUN pada 40 m 

Tepat jam 17:00 saya mulai mencoba di 40m band…dengan kekuatan boster Hendri 3 KD di tambah dengan kehandalan radio IC 756 PRO III dan di dukung oleh antena 3 element mono 40m, saya dengan mudah mengumpulkan QSO dengan station-station dari JA, dan W Land, sesekali dengan Asiatic Russia. Tetapi yang membuat saya jengkel, station-station dari YB Land mengganggu saya dengan sengaja melakukan tuning pada frekwensi yang sedang saya gunakan.  Saya bertanya mengapa station-station dari YB Land sendiri tidak mendukung team contest negaranya saat bertanding. 
Jam sudah menunjukkan jam 19:00 Wib tak terasa saya sudah mengumpulkan 150 QSO pada band 40 m. Saya hentikan kegiatan di 40m lalu om Yoyok melanjutkannya pada band 15m. Dengan berjalan kaki saya kembali menuju studio DFM, saya terkejut ternyata Om Rizky YBØIR datang. Surprise buat saya. Om Rizky ternyata mau datang membantu YEØX. Sudah hampir 3 tahun om Rizky absen di International Contest. Tetapi segudang pengalamannya memudahkan nya untuk menghandle piled up di 20 m band yang saat itu sudah membuka.

Om Rizky YBØIR handle the big piled up on 20 m band

Jam 20:00 WIB QSO YEØX sudah tembus 2300 QSO. Om Erwin YBØDJ datang. Om Erwin Komala memang selalu hadir di YEØX. Band Favourite nya adalah 20 m band. Om Erwin menggantikan om Rizky dan terus mengumpulkan QSO dari station EU.
Jam 23:00 saya pamit pulang, dan saya berjanji akan datang esok harinya jam 13:00 WIB karena saya harus memperbaiki mobil saya yang rusak. Sampai dengan jam 23:00 WIB YEØX telah berhasil mengumpulkan QSO sebanyak 2600 an.
30 Oktober 2011 jam 07:00 WIB saya sudah terbangun, saya  mendapatkan pesan dari om Sur lewat blackberry bahwa YEØX telah berhasil mengumpulkan QSO sebanyak 3015. Wah…saya terkejut mendengarnya. 
Setelah selesai memperbaiki mobil, saya langsung menuju ke “markas” YEØX lagi. Sampai di sana jam 13:00 WIB . Saya terkejut melihat om Irsan YCØOST sedang menghandle piled up di 10m band. Tahun lalu om Irsan masih sebagai “Co Pilot” saat ini sudah menjadi “Pilot” salut buat om Irsan yang banyak sekali kemajuannya.
Om Irsan YCØOST  handle big piled up on 10 m

Juga ada om Syafrudin YCØLCF yang ikut membantu pada band 15m 

Om Irsan dan om Syafrudin terus mengumpulkan QSO pada band 10m dan 15m . 
Tak terasa hari sudah menunjukkan jam 17:30 WIB, berarti harus siap-siap lagi nih di 40m band. Pada saat itu QSO YEØX sudah tembus 3700 QSO, saya kembali berjalan kaki menuju TK Buana Kids. 
Sesampainya saya di sana, Om Ogi YCØIUN sudah memulai di 40m… 
Om Ogi YCØIUN pada band 40 m

Om Ogi adalah Ketua Orari Lokal Pasar Minggu saat ini. Semoga Om Ogi bisa menginspirasi ketua lokal ketua lokal lainnya untuk bisa aktif pada event International Contest.
Jam 18:00 Wib-1900 Wib YEØX terus mengumpulkan QSO pada 20m dan 40 m band. Pada jam 19:00 UTC YEØX sudah tembus 3900 QSO. Propagasi sore itu sangat baik membuat band 20 m sangat  membuka.
Jam 19:30 saya mencoba mengamati band 80m ternyata saya berhasil QSO dengan YBØJZS om Diki dan team YE2R, AHØBT, B7P, DU1VHY. Jam 20:00 saya hentikan kegiatan di 40m karena om Yoyok telah memberi isyarat akan meneruskan di 15m. Saya kembali ke Studio DFM dan pada white board saya hitung jumlah QSO YEØX ternyata sudah tembus 4050 QSO.
Jam 20:00 Wib Om Joy masih asyik di piled up pada 20m band sementara om Yoyok baru saja memulai di 15m band. Saya makan malam dulu ah…. Hehehehehehhehe.
Sambil makan malam saya santai dulu dengan kawan-kawan . Santai dengan om Triadi dan mbak Ria.
Kiri ke Kanan: Mbak Ria YCØKVM, Om Triadi YBØKVN, Om Sur YBØJS, Om Ogi YCØIUN.
Duduk kiri-kanan: Om Syafrudin YCØLCF, Om Achmad YC1CDV, Om Eko YCØVKI.

Setelah  beristirahat  saya kembali ke Radio room. Saya menggantikan om Yoyok pada band 15m. Saat itu waktu menunjukkan jam 21:00 Wib, Om Joy masih di piled up di 20m band. Om Yoyok makan malam dan saya melanjutkannya. Pada 15 m band saat itu EU masih ramai memanggil, kadang satu –dua station dari benua Afrika memanggil dan saya berhasil log satu station dari 9Q (Congo) sebagai new multiplier. 
Sambil makan, om Yoyok pun masih memperhatikan cluster, saat di cluster terdapat satu station dari zone 2 yaitu VE2IM, langsung kami kejar, dan berhasil di log. 
Tanpa terasa jam sudah menunjukkan jam 23:30, saatnya saya harus berpamit pulang karena besok Senin 31 November 2011 harus masuk kerja, saat saya kembali menghitung total QSO, saya kembali terkejut ternyata saat itu YEØX sudah log 4683 QSO. Om Joy YCØNSI juga berpamitan karena harus beraktifitas esok hari. Kini di markas hanya tinggal om Tommy YDØLDT, Om Yoyok YBØECT dan om Sur YBØJS, mereka bertiga yang akan meneruskan contest sampai selesai. Walaupun saya mendapat kabar bahwa after midnight om Ferry YBØAR  datang ke markas YEØX dan ikut contest sampai pagi. Terima kasih supportnya om Ferry.
Senin 31 Oktober 2011 jam 06:00 Wib saya sudah terbangun karena harus beraktivitas. Saya masih mendengar YEØX di 10m band di piled up oleh station-station dari JA dan W land. Jam 07:00 Wib om Sur memberitahukan saya bahwa total QSO dari YEØX adalah 5187.
 Saya sangat terkejut. Inilah QSO terbanyak dari YEØX dan bisa menembus angka 5 ribu. Total QSO tsb merupakan New Indonesia Record. Kami berhasil memecahkan jumlah QSO yang di buat oleh YBØWR 4857 QSO (multi-multi) pada tahun 1987. Jika claimed score tidak ada perubahan, maka record 24 tahun terpecahkan oleh kami yang hanya menggunakan kategori Multi Two. Dan kami membuatnya di tahun 2011 dimana tahun ini YEØX genap berusia 25 tahun. Sampai saat saya membuat artikel ini saya masih belum percaya bahwa kami bisa menembus 5 ribu QSO. Rasanya seperti mimpi.

Lewat artikel ini saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada: Mas Triadi YBØKVN dan keluarga yang tiada hentinya mensupport team ini, kawan-kawan yang ikut menjadi operator saat contest berlangsung. You’re the best old man !  Saya juga berterima kasih kepada Om Eko YCØVKI yang setia menunggu kami dan selalu siaga jika terjadi trouble,  terima kasih supportnya om.
Om Wisnu YBØAZ yg saat contest berlangsung tiada hentinya mendoakan perjuangan team ini   dari Bengkulu, om Dudy YBØDPO yang mengirimkan paket teh Lohan  agar suara kami tidak habis, terima kasih om dudy, om Onno W Purbo YCØMLC yang datang men support kami, om Helmi YB4VX thanks support nya,dan kawan-kawan yg tidak dapat sebutkan satu persatu yang datang mengunjungi kami. 
Saya sangat gembira tahun 2011 ini CQWW DX Contest di ikuti oleh beberapa team dari YB Land. Di antaranya : YEØX, YE1ZAW,YB1C, YE2R,YE2S, dan YE3J. Di samping kawan-kawan yang ikut di single operator juga mengalami peningkatan. 
Saya berharap semoga di tahun mendatang, semakin banyak lagi team contest dari YB Land yang berpartisipasi pada event contest Internasional selain itu kawan-kawan yang ikut kategori single operator juga akan semakin banyak.

Regards:

YBØNDT Karsono Suyanto