Oceania DX Contest 2014

Oceania DX Contest 2014 

Event kontes tahunan untuk para DXers di seluruh dunia, dimana kali ini sebagai tuan rumah adalah belahan dunia Oceania ..Australia, New Zealand, Indonesia, Philiphines, Brunei Darussalam, Pasific Islands (Samoa, Fiji, Nauru etc.) mendapat giliran di-hunting oleh seluruh DX amateur radio station dari seluruh dunia.

Dimulai tgl 4 oktober jam 08.00 utc (15.00 wib) hingga 5 oktober 2014 dg waktu yg sama.

Kontes rutin setiap tahun ini memungkinkan banyak peluang bagi saya dan rekan rekan kontestan dari YB land mendapatkan banyak QSO atau kontak komunikasi dengan DXers atau Contester dari seluruh continent. Dalam dunia amatir radio, kami mengenal ada 7 continent yaitu: NA – North America, SA – South America, EU – Europe, AF – Africa, AS – Asia, AN – Antartica dan terakhir OC- Oceania. Pertukaran report pada OC DX Contest adalah RST + nomor urut, misalnya 5-9 no.001. Dan seterusnya.

Saya baru sadar bahwa OC contest tahun ini bertepatan dengan malam takbiran dan Hari Raya Idul Adha bagi kaum muslim. Tentunya hal ini adalah hari suci dimana kami diajarkan dalam kitab suci Al-Qur’an untuk meneladani seorang nabi Alloh yaitu Ibrahim AS, sebagai seorang ayah yang begitu ikhlas dan sabar menerima wahyu dari Tuhan untuk menyembelih anaknya sebagai kurban. Itulah bentuk manifestasi seorang hamba Alloh SWT yang taat kepada sang maha pencipta dan tidak silau dengan segala apapun yang dimilikinya di Dunia termasuk juga anak buah hatinya.

Tidak ada persiapan khusus bagi saya dalam mengikuti kontes namun pengecekan antena dan peralatan lain diutamakan. Working station saya cukup sederhana, antena back-up tiga elemen homebrew cukup lumayan dipergunakan untuk kontes. Radio tua Kenwood TS-450SAT dengan power 80w saja, selama ini setia menemani perjalanan DX-ing saya dan cukup bisa diandalkan dalam kontes ini. Saya memiliki target menuntaskan DXCC yang tinggal sedikit lagi. Tujuan saya bukan untuk menang dalam kontes, karena sadar akan keterbatasan perangkat. Kali ini saya ikut pada single band 15m, yang merupakan band favorit rekan rekan YC/YB khususnya di call area 8 dan 9.

Awal kontes pada jam tiga sore, saya arahkan antena/beaming ke arah utara, dan tepat menurut perkiraan saya bahwa banyak station dari JA/Jepang dan ada station HL/Korea Selatan yang masuk. Dan termasuk satu diantaranya YB0ANN seorang ekspatriat Jepang yg tinggal di Jakarta. Konbanwa, Go kyu number xx Dozo, 73 Arigatou Ghozaimazu.. Station pertama yang masuk dalam log contest N1MM saya adalah YC9WIC OM Abas di Sorong, yang merupakan DXer dan kontester tangguh dari Tanah Papua.

Saya sangat bangga ketika mengetahui ada banyak rekan kontester dari YB land dlm kontes HF skala internasional..apalagi ketika saya sedang di pile up, ternyata ada rekan YB land yg ikut memanggil saya..hehehe..untuk beliau pasti akan saya prioritaskan. Terima kasih YB5EHQ di Padang dan beberapa yang masuk dalam log saya seperti YB0OHG dan YB9YE. Saya sadar station kecil saya di rumah, bukanlah sebuah station kontes yang handal..namun cukup baik.untuk saya yang hanya bermodal semangat untuk menuntaskan DXCC akhir tahun ini . Itulah alasan saya ikut terjun dlm Oceania DX Contest tahun ini.

Semangat yg sama ketika saya masih YD..belajar kontes di HF pertama kali. Dan tentunya belajar sesuatu hal yang baru, seperti DX-ing sangat mengasyikkan bagi saya. Belajar dari para pendahulu dan DXers senior YB land, ternyata DX-ing tidak sulit dan tidak perlu kuatir kesulitan dalam berkomunikasi. DX-ing menambah pertemanan, networking dan wawasan geografi kita semakin bertambah. Saya memiliki beberapa rekan dekat di Luar Negeri yang dikenal melalui DX-ing. Dua diantaranya, DS2CYI yang saya ketemui di Seoul tahun lalu dan JP3AYQ yang akan saya kunjungi awal tahun depan.

Malam harinya, station dari EU menyerbu station saya hingga pile up selama satu setengah jam..lumayan menambah poin karena band 15m ini hanya memberi dua poin saja untuk satu QSO. Surprised..station NA mulai ada yang memanggil dan satu diantaranya adalah W2FB, OM Steve Busono, MD di state of NJ yang kemungkinan rx saya karena antena sedang beaming ke arah AF /Southern EU. Hingga jelang tengah malam, kondisi propagasi sudah menutup dan saya harus istirahat, disamping juga takbiran dan besok paginya akan melaksanakan ibadah sholat Idhul Adha.

Hari kedua kontes, setelah pulang sholat melanjutkan kembali dengan harapan bisa mendulang tambahan station. Tapi ternyata tidak banyak, selain itu kondisi lebaran tidak memungkinkan saya meneruskan kontes hingga akhir. Kontes saya akhiri jelang dzuhur sekitar 05.00 utc, karena harus pergi sowan bersama keluarga kecil saya ke rumah nenek dan keluarga dari almarhum ayah saya.

Saya bersyukur masih bisa diberikan kesehatan dan kekuatan dalam mengikuti kontes berskala global ini, dengan satu harapan ini bukanlah kontes yang terakhir tetapi suatu perjalanan menembus ruang dan waktu yang mengasyikan juga penuh tantangan..

Selamat utk YC9WIC yang mungkin akan menjadi juara minimal Country Winner di YB land untuk kontes kali ini dan juga rekan rekan lain yang berkesempatan ikut, YB9WZJ, YB8EDO n YC8ROP ..saya spot di cluster ada juga YC8RBI, YB3DIK, YC2TDA (hr ke 1), dll..blm lagi kontester lain di band 10m YC2SBG dan YB1JYL juga lainnya di 40m seperti YB0NDT, YC9GWR dll. Saya senang banyak rekan yg ikutan kontes ini…

Dari saya untuk para DXers tercinta..”DX-ing is my Life”

73

Irsan – YC0OST

yc0ost@gmail.com

6 0ktober 2014

original source :