N1MM step by step, part 2 by YD4IRS

http://sandes.us/blogs/1/11/n1mm-step-by-step-part-2

N1MM Step By Step – Part 2

N1MM VOICE KEYER

Kali ini penulis akan mengupas fitur yang dimiliki oleh N1MM (mungkin hanya software ini yang punya), yaitu sebuh fitur yang digunakan dalam mode phone. Pada dasarnya fitur ini adalah sebuah fasilitas perekam dan pemutar audio, software lainnya juga ada yang menyediakan fitur perekam namun dirancang untuk diputar (playback) dilain waktu tidak pada saat ber-QSO. Pada N1MM, sangat dimungkinkan untuk memutar audio yang sudah direkam, bahkan dengan sedikit modifikasi fungsi makro, maka kita dapat berkomunikasi mode Phone tanpa harus berbicara sedikitpun.
PERANGKAT KERAS
Dengan menggunakan audio interface yang menghubungkan speaker dan mic dari radio ke speaker dan mic pada komputer, maka kita dapat memerintahkan N1MM untuk merekam semua audio yang berasal dari radio kita atau kita juga dapat memerintahkan N1MM untuk memutar audio yang sudah kita rekam untuk dipancarkan oleh radio kita.
Sebuah interface sederhana dapatlah kita buat sendiri, penulis merekomendasikan sebuah rangkaian yang ringkas namun multiguna. Multiguna karena rangkain ini juga dapat difungsikan untuk QSO digi mode dan CW.

Pada skema diatas terdapat 3 blok rangkaian, yang mana 2 blok atas dan bawah adalah penghubung audio radio dan souncard komputer, sedangkan blok yang ditengah adalah pengendali PTT dari konektor serial pada komputer ke saklar PTT pada radio. Implementasinya dapat disesuaikan pada radio yang kita miliki. Pada radio penulis FT-857D terdapat sebuah konektor ACC di belakang radio yang memungkinkan untuk menghubungkan jalur audio dari radio ke soundcard komputer, jika konektor ini tidak terdapat pada radio anda, maka anda dapat menghubungkannya melalui konektor microphone dibagian depan radio.
Dan untuk keperluan realtime monitor maka anda dapat menambahkan konektor tambahan yang dihubungkan secara paralel ke active speaker pada speaker soundcard atau pada eksternal speaker radio, karena jika anda menggunakan konektor eksternal speaker pada radio anda (tidak melalui konektor ACC) maka anda tidak dapat mendengar suara dari radio atau dari komputer. Juga sebuah mic dengan preamp nya yang disambungkan secara paralel juga karena anda tidak memiliki microphone jika anda menghubungkan rangkaian melalui konektor MIC pada radio (tidak melalui konektor ACC)
Satu hal yang harus anda perhatikan dalam membuat rangkaian ini, anda harus mengingat pin serial yang anda gunakan sebagai pengumpan optocoupler, anda dapat memilih antara DTR atau RTS dan ini harus disamakan dengan pengaturan pada N1MM agar dapat bekerja dengan baik. Selain itu anda juga harus memperhatikan selalu pengukur ALC pada radio anda untuk mengetahui apakah audio yang dikeluarkan oleh soundcard komputer berlebihan atau tidak, jika volume audio dari soundcard komputer terlalu besar maka akan terjadi over modulasi yang akan merusak pancaran anda.
PENGATURAN N1MM
Jika rangkaian interface audio telah selesai, kini kita harus menyesuaikannya dengan pengaturan pada komputer kita dan juga N1MM. Pengaturan dimulai dengan menandai nama port serial yang menghubungkan komputer dan radio. Anda dapat melihatnya dengan mengklik Start Menu, lalu pada kotak pencarian ketikkan “device manager” lalu klik “Device Manager” yang muncul pada bagian atas dan sebuah window akan muncul yang berisi keterangan tentang hardware pada komputer anda.
Pada langkah ini, anda diharuskan untuk mengenali port mana yang menghubungkan rangkaian interface yang telah dibuat. Pada contoh gambar terdapat 2 buah port yaitu COM4 dan COM8, ini disebabkan karena penulis menggunakan 2 buah interface, yaitu CAT pada port COM4 dan COM8 untuk PTT radio. Maka untuk penggunaan fitur N1MM Voice Keyer penulis akan menggunakan port COM8 sebagai PTT radio.

Langkah selanjutnya adalah menyesuaikan pengaturan pada N1MM. Jalankan N1MM lalu pilih Config –>Configure Port, Mode Control, Audio, Other…
Pada tab Hardware, atur pengaturan sesuai dengan kondisi komputer anda. Pada kolom Port sesuaikan COM port yang menghubungkan dengan interface, pada gambar contoh tertulis COM*, lalu pada kolom Radio kita pilih None karena pada port tersebut hanya terhubung switch PTT bukan CAT, kemudian pada kotak Digi dapat kita centang apabila kita juga akan menggunakannya sebagai interface digimode, jika hanya untuk keperluan voice keyer pilihan ini dapat dikosongkan.
Lalu kita klik tombol SET dan window pengaturan detil COM8 akan muncul. Pada langkah ini kita harus mengingat kembali, pin serial yang kita gunakan pada rangkaian interface yang telah kita buat tadi, dalam contoh gambar, penulis menggunakan pin 7 (RTS) sebagai pengumpan optocoupler, maka pengaturannya adalah DTR (pin 4) = Always Off dan RTS (pin 7) = PTT, sekali lagi pengaturan ini harus sama dengan kondisi rangkaian interface yang ada, jika tidak maka radio tidak akan TX (PTT).

Sampai disini, penyesuaian antara rangkaian interface dan N1MM telah selesai dan N1MM Voice Keyer siap digunakan.
RECORD AND PLAYBACK
N1MM Voice Keyer sesungguhnya diciptakan untuk memutar beberapa rekaman audio melalui tombol-tombol keyboard yang diatur dalam makro. Namun untuk keperluan dokumentasi atau real audio report, kita dapat merekam suara lawan QSO kita menggunakan N1MM, file rekamannya dapat kita simpan atau langsung kita putar dan pancarkan pada saat perekeman telah selesai. Pengoperasiannya sangatlah mudah. Jalankan N1MM dan pastikan mode yang aktif pada N1MM adalah mode Phone. Jika anda telah memilih MIXED MODE pada waktu membuat log maka anda dapat meng-klik band yang tepat pada kelompok “PH”.

Untuk merekam tekan tombol “Ctrl” dan “Shift” dan tombol F1 atau F2 sampai F12, jadi jika anda menekan tombol Ctrl-Shift-F1 maka audio akan direkam mengacu kepada tombol makro F1 sehingga untuk memutarnya kembali maka anda harus menekan tombol F1. Pada saat perekaman akan muncul Kalimat “Recording Started in ……WAV” pada window N1MM sebelah bawah,

Untuk menghentikan rekaman tekan tombol “Esc”. Perhatian, jika anda menekan F1 setelah rekaman selesai maka audio yang direkam ke F1 akan diputar oleh N1MM dan PTT radio juga akan ditekan oleh N1MM, karena kita telah menyesuaikan pengaturannya seperti dijelaskan diatas. Untuk mendengarkan rekaman tanpa men-transmit-kannya ke radio maka anda harus membukanya melalui software pemutar audio misalnya Windows Media Player. File rekaman dapat ditemukan di folder N1MM Logger+Wav (misalnya C:UsersYD4IRSDocumentsN1MM Logger+Wav). Demikian penyalahgunaan fitur Voice Keyer yang akhirnya membuat anda tidak perlu membeli perangkat khusus hanya untuk merekam dan memutar audio dari dan ke radio. 🙂
SIMPLE VOICE KEYER
Berikut adalah penggunaan sebenarnya Voice Keyer pada N1MM. Anda pasti setuju, bahwa kita dapat menemukan sebuah routine atau sesuatu yang berulang-ulang pada QSO amatir radio selain regchewing (ngobrol). Misalnya pada QSO sebuah kontes :
YB0AA : CQ CONTEST this is YB0AA YB0AA QRZ? (kalimat ini dapat berulang beberapa kali sampai ada stasiun yang menjawabnya)
YB1ZZ : Zulu Zulu
YB0AA : Call again please over (ini juga dapat berulang kali diucapkan)
YB1ZZ : This is YB1ZZ YB1ZZ QSL ?
YB0AA : YB1ZZ you are 59 001 001 QSL? (report seperti ini juga dilakukan berulang-ulang dengan perubahan nomor seri, atau pada sebuah ekspedisi dimana tidak ada laporan nomor seri maka yang disampaikan hanya “… you are 59 59 QSL ?”)
YB1ZZ : QSL you are 59 002 002 QSL?
YB0AA : QSL Thank you 73 Good Luck. (kalimat yang sama selalu diucapkan menjelang akhir QSO)
YB0AA : CQ CONTEST this is YB0AA YB0AA QRZ? (kembali ke routine awal)
Atau dalam sebuah Roll Call Net, juga kita temukan sebuah routine.
Net : Stasiun-stasiun berikutnya silahkan (selalu demikian ya)
Net : Beberapa stasiun dapat kami dengar, bagi yang belum terpanggil harap memanggil pada putaran berikutnya (ini juga selalu diulang)
Net : YF1AR 59 Selamat malam, Any traffic ? (Pertanyaan yang sama untuk semua stasiun dengan perubahan stasiun yang dipanggil saja)
YF1AR : No traffic, 5 dan 9, selamat bertugas, 73, QRU.
Net : Terima kasih YF1AR atas partisipasinya, no traffic dan QRU (jawaban ini tidak pernah berubah)
Dengan adanya routine seperti itu, maka kita dapat menggunakan fitur Voice Keyer untuk menghemat tenaga atau menghindari kesalahan penyebutan. Misalnya kita fungsikan N1MM untuk mengulang kalimat “CQ Contest this is YB0AA YB0AA QRZ?” atau “CQ CQ DX CQ DX 40 CQ CQ DX this is YD4IRS YD4IRS YD4IRS calling CQ DX 40 this is YD4IRS Calling CQ DX and listening, Go Head”. Kita cukup mengucapkannya sekali saja lalu merekamnya kemudian tinggal menekan tombol yang kita alokasikan. Contoh kita alokasikan kalimat “CQ bla bla bla…” pada F!. Maka kita tekan Ctrl-Shit-F1, lalu kita ucapkan kalimat yang akan direkam, kemudian tekan ESC, sekarang kita cukup menekan tombol F1 untuk mentransmisikan kalimat CQ yang telah kita rekam tadi. Dan kalimat-kalimat lainnya yang selalu kita gunakan dapat direkam dan dialokasikan pada F2 hingga F12.
Demikian penggunaan N1MM Voice Keyer yang sederhana.
Semoga bermanfaat.
73,
DE YD4IRS